Home / Ragam / ALHAMDULILLAH GUBERNUR ERZALDI AKAN RESMIKAN “JEMBATAN EMAS“ BANGKA BELITUNG

ALHAMDULILLAH GUBERNUR ERZALDI AKAN RESMIKAN “JEMBATAN EMAS“ BANGKA BELITUNG

Selebhot.com- Sudah lama orang mengenal bahwa pulau Bangka Belitung ini sebuah propinsi  penghasil Timah, maka lima tahun mendatang kawasan ini diharapkan bakal menjadi daerah pariwisata dan destinasi wisatawan lokal maupun mancanegara. Tidak menutup kemungkinan kepulauan Bagka Belitung ini akan menjadi tempat persinggahan kapal-kapal pesiar.

Pada saat Erzaldi Rosman Djohan menjabat Bupati Bangka Tengah sudah dipersiapkan dan program pasca penambangan ini sudah dikuatkan, dalam arti kata memperkuatkan sektor pariwisata dan pertanian serta perikanan sangatlah disayangkan ketika kepulauan Bangka Belitung ini yang nota benenya banyak unsur lautnya ketimbang daratnya tetapi kebijkannya itu tidak menyentuh kelautannya.

Memang kepulauan Bangka Belitung tidak bisa memisahkan diri dari sektor pertambangan segera, tapi bukan berarti tidak bisa lepas dari sektor pertambangan, selanjutya sudah mulai membiasakan masyarakat untuk kembali bercocok tanam, kembali ke nelayan dan yang paling di support oleh pemerintah pusat itu adalah menggantikan sektor pertambangan ini ke sektor pariwisata.

Yang mana sudah didukung oleh pemerintah pusat dengan di tunjuk pulau Bangka Belitung sebagai salah satu tujuan pariwisata dan tahun depan ini pulau Bangka Belitung ada dua kawasan  pariwisata, yang akan di bangun dan insya Allah Januari 2018 sudah bisa presentasi dengan target bulan februari sudah keluar surat keputusan untuk sektor pariwisata itu.

Disamping mengedepankan  sektor industry yang sudah ditetapkan terlebih dahulu seperti industry yang ada  Bangka  barat kepulauan mentok dan Bangka selatan di pulau sadai untuk mensukseskan 3 program unggulan ini pariwisata dan sector pertanian dan kelautan ini tentunya kita sangat butuh konektifitas Bangka Belitung  dengan daerah lain atau daerah luar.pulau.

Maka Perubahan itu menjadi ‘sangat pesat’ yang harus dikerjakan oleh Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan selama masa jabatannya. Meski waktu yang dimiliki relatif singkat, namun Erzaldi yakin, masyarakat Babel akan mendukung penuh upaya itu demi kesejahteraan bersama.

Jembatan EMAS

Di akhir tahun 2017, Jembatan EMAS (Batu Rusa II) dimulai penyelesaian pembangunannya di era Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan, dan rencananya akan diresmikan pada Jumat 29 Desember 2017 mendatang. Jembatan yang memiliki lebar 23,2 meter dan panjang 784,5 meter dan pembangunan sejak tahun 2009 ini, juga dikenal dengan nama Jembatan EMAS (Eko Maulana Ali Suroso) mengambil dari nama Gubernur Babel di masa periode sebelumnya.

“Jembatan EMAS ini dibangun dengan konstruksi cable stay dan sistem bascule (jungkit) pada bentang tengahnya. Sistem bascule digunakan untuk mendukung lalu lintas kapal di Sungai Batu Rusa menuju pelabuhan Pangkalan Balam. Dan dengan sistem cable stay, jembatan mampu menjadi pengaman bagi kapal-kapal yang masuk tanpa izin”, papar Erzaldi Rosman Djohan saat dijumpai  di Terminal 3, Bandara Soekarno Hatta, Minggu (17/12) siang lalu.

Pilihannya, sebagai ‘jualan’ di sektor pariwisata, menjadikan Jembatan EMAS ikon baru dari Kepulauan Babel. Hal tersebut Erzaldi membenarkan, dengan adanya jembatan ini yang mampu meningkatkan aksesibilitas dua daerah, juga dapat membuka akses pariwisata daerah, karena wisatawan yang melintasi jembatan dapat melihat langsung suasana dan keindahan Pantai Air Anyir, Pasir Padi yang terletak di Kotamadya Pangkal Pinang dan PLTU Air Anyir di Kabupaten Bangka.

Terkait Jembatan EMAS yang hanya membutuhkan waktu sekitar sepuluh menit untuk menyambungkan ruas jembatan Ketapang di bagian selatan dan Air Anyir di bagian utara ini, terkait peresmiannya diakui Erzaldi, turut menggandeng Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI), Provinsi Kepulauan Babel dalam perhelatan yang akan dilaksanakan di atas jembatan emas. Salah satunya konser musik ‘Jazz On The Bridge’ yang melibatkan musisi Indonesia Idang Rasjidi, Tompi, Fariz RM, Mus Mujiono.

”Insya Allah jika tak berhalangan Bapak Presiden akan hadir, bahkan Ibu Rini juga kita undang, karena infrastruktur yang dibangun BUMN. Doakan saja, peresmian jembatan EMAS bisa berjalan lancar”, tutup Erzaldi yang hanya transit di Bandara Soeta dan kembali melanjutkan penerbangan ke Yogyakarta. (DONST)

About ln

Check Also

Endang Hadrian SH MH, Sukses Eksekusi Lahan Dari Ahli Waris D.L Sitorus

SELEBHOT – Ratusan Personil Gabungan dari TNI, Polri, Danramil, Korem dan Satpol PP mendampingi Kuasa ...

RPTRA ADALAH TEMPAT BERMAIN ANAK YANG PALING AMAN

Selebhot.com – Ruang Publik Terpadu Ramah Anak ( RPTRA ) adalah sebuah konsep ruang publik ...

PURWOREJO AKAN MEMBANGUN ALUN-ALUN TERBESAR UNTUK BERMAIN ANAK-ANAK

Selebhot.com – Purworejo adalah sebuah Kabupaten di Propinsi  Jawa Tengah yang terletak di pesisir selatan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

www.selebhot.com