Home / Hot Music / WROCKSHOP DIANTARA PERHELATAN AKBAR BEKRAF FESTIFAL 2017 KEMBALI DIGELAR DIBANDUNG

WROCKSHOP DIANTARA PERHELATAN AKBAR BEKRAF FESTIFAL 2017 KEMBALI DIGELAR DIBANDUNG

Selebhot.com – Setelah sukses Wrockshop Jakarta, Palu, Malang, Yoyakarta, Bali dan Makassar,BEKRAF kembali menggelar  program edukasi musik yang dihelat oleh Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) dan Indonesia Music Forum, maka akan di gelar kembali di Bandung  tanggal 8 sampai 9 Desember 2017, dan sekaligus   berlangsung  diantaranya kegiatan besar Bekraf Festival. Acara ini berlangsung selama 4 hari di 2 lokasi yang berbeda yaitu Gedung Kereta Api Indonesia ( KAI ) dan Gedung Creative Hub Bandung.

“Acara edukasi musikal ini, menyajikan 2 agenda penting dalam bentuk workshop kreatif, yakni, pengetahuan teknis musikal dan pengetahuan umum yang berkaitan dengan industri musik di era digital  dimana para generasi millenials menjadi segmentasi utama dunia hiburan didunia maya,” terang Buddy ACe, Ketua Tim Pengarah wROCKshop, yang akan mengelilingi 34 provinsi di Indonesia.

Bandunga adalah kota ke-7  dimna  para nara sumber yang ambil bagian untuk berbagi pengalaman dalam industri musik, seperti Aria Baron (klinik gitar dan aransemen lagu), Sandy Pas Band (klinik drum dan optimalisasi sound), Indra Qadarsih (sharing soal produksi lagu, mixing dan mastering), John Paul Ivan (klinik gitar), Yuke Dewa (klinik bass), Ferry HK (klinik drum) dan Yoyo Bassman (klinik bass). Sementara dari sektor pengetahuan umum, ada lefenda seniman Bandung dan Budi Dalton, pengamat musik dan Anggota Presidium Indonesia Music Forum, Buddy ACe, dan Aria Baron yang akan berbagi pengalaman tentang Hak Cipta, Hak Paten, Hak Publishing dari karya musik di era digital.

Sementara Sandy PAS Band, yang telah mengikuti wROCKshop dibeberapa kota melihat dari prespektif lainnya, bahwa program wROCKshop, harus terus dihelat dalam beragam pengetahuan lainnya diluar teknis musik.

“Setelah wROCKshop berlangsung disetiap kota, sebaiknya pada waktu 3 bulan kemudian, sudah harus ada kegiatan pasca wROCKshop yang lebih fokus pada satu kegiatan yang beroreintasi pada produksi karya, baik membuat lagu, menggelar konser maupun kegiatan kreatif lainnya yang menghasilkan secara

ekonomis,” papar Sandy, drummer PAS Band yang kerapkali keliling Indonesia untuk coaching clinic drums. Untuk tahun 2018, penggagas Indoneia Musik Forum ( IMF ) dan Program wRockshop kembali mengajukan program semacam Focus group diskusi terhadao BEKRAF

“Tapi bukan semata-mata diskusi, tapi langsung bergerak ke level produksi, melalui program bernama wROCKshow. Akan dipilih band terbaik disetiap ibukota provinsi, untuk diproduksi lagu ciptaan mereka dan digabungkan dalam kompilasi album dengan band dari daerah lainnya kedalam satu album.      Yang menarik produksi album tersebut bakal dimentori oleh musisi profesional serta semua elemen penting dalam ekosistem industri musik,” simpul Buddy ACe,

Kembali membahas wRockshop Setelah Bandung, edukasi musikal ini, diawal tahun 2018 akan kembali melengkapi perjalanannya ke 27 ibukota provinsi di Indonesia, yamg dianggap potensial untuk kelak menjadi pilar-pilar (34 pilar) industri musik di tanah air.

“Belajar dari Korea, seharusnya industri kreatif di Indonesia akan lebih cepat dari Korea yang membutuhkan waktu 15 tahun untuk mendunia dengan K-Pop nya. Dan kami percaya, dengan pola buttom up, dari bawah keatas, dimulai dari para seniman  untuk kemudian disampaikan ke pemerintah,” jelas Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif, yang baru berusia 3 tahun ini, saat membuka dengan resmi BEKRAF FESTIVAL yang berlangsung di Gudang Kereta Api Indonesia, Bandung, Kamis malam (07/12/17)

Akhirnya. menurut Triawan, bahwa Industri Kreatif di Indonesia kelak akan menjadi unggulan dan kebanggaan bangsa Indonesia yang memiliki ratusan bahkan ribuan sub culture ini, jika dibangun dibawah kehidupan toleransi antara sesama anak bangsa. (DONST)

About ln

Check Also

ULANG TAHUN RAHAYU KERTAWIGUNA NAGASWARA PUBLISHERINDO MUSIK MENJADI SUB PUBLISHER WARNER

Selebhot.com- Hirup-pikuk dan lalu lalang yang bukan saja dipadati oleh awak media dan fotografer, tetapi ...

GUBERNUR ERZALDI DAN ISTRI SEMPAT MENGHIBUR RAKYATNYA DENGAN MENYANYI” JANGAN DIBIBIR SAJA”

Selebhot.com – Adinda, pujaanku mengapa kau membisu ,Tidakkah kau rindu, bercanda denganku, seperti dulu Oh ...

JAZZ ON THE BRIDGE ADALAH TAHAP AKHIR SEBUAH AWAL

Selebhot.com – Jazz On The Bridge ini adalah tahap akhir sebuah awal, itulah yang di ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

www.selebhot.com